Jumat, 21 Maret 2014

Apa itu AOSP, AOKP, MIUI, CM, Stock ROM?


AOSP

AOSP ( singkatan dari Android Open Source Project ) merupakan firmware rilis resmi dari Google yang bersifat terbuka [open source] untuk smartphone dan komputer tablet berbasis sistem operasi Android, berdasar atas:

Apache License 2.0
Modified Linux kernel under GNU GPL v2
sebelum di distribusikan ke vendor secara komersial dan masih memiliki kode asli dari Google serta belum di modifikasi secara apapun oleh pihak ketiga [developer independen maupun vendor resmi].

Komunitas aktif [developer independen] dan para vendor resmi ( seperti Samsung, HTC, Sony, dll ) yang menggunakan Android Open Source Project (AOSP) di berikan kode sumber [source code] AOSP tersebut untuk dikembangkan dan didistribusikan dengan versi modifikasi mereka sendiri

Rilis dari komunitas aktif [developer independen] lebih banyak menemukan fitur baru dan ter-update lebih cepat dalam firmware yang mereka kembangkan, daripada rilis komersial dari produsen / vendor resmi. Peredaran ROM ini sangat cepat dan pesat kerena dapat di download secara bebas-pakai, meskipun tanpa tes QC [Quality Control] sebagai jaminan kualitas sistem operasi tersebut.

AOSP adalah ROM yang bersifat bebas dan terbuka, jadi siapa saja bisa memberikan nama sesuai keinginan dan menjualnya secara komersial dengan modifikasi serta code-name nya sendiri.

Contoh dari AOSP versi rilis dari komunitas aktif [developer independen] adalah CM9 buatan CyanogenMod.
Sedangkan AOSP resmi versi vendor contohnya Samsung memberi nama firmwarenya TouchWiz™, kemudian Sony dengan Xperia™nya atau Sense™ milik HTC.

Rilis terbaru dari AOSP ini adalah 4.4.2 / KitKat pada 9 December 2013


AOKP

AOKP ( singkatan dari Android Open Kang Project ) merupakan firmware distribusi open source "pengganti" independen untuk smartphone dan komputer tablet berbasis sistem operasi mobile Android.
Dikembangkan sebagai perangkat lunak bebas [open source] berdasarkan rilis resmi dari Android Open Source Project [AOSP] oleh Google, dengan menambahkan kode asli dan pihak ketiga.

Rilis terbaru AOKP adalah kitkat (Android 4.4.2) pada 10 Maret 2014.


CM [CyanogenMod]

CyanogenMod ( diucapkan: saɪ.æn.oʊ.dʒɛn.mɒd ) adalah sebuah sistem operasi open source independen untuk smartphone dan komputer tablet berdasarkan platform mobile Android.
Dikembangkan sebagai perangkat lunak bebas [open source] berdasarkan rilis resmi Android [AOSP] oleh Google , dengan menambahkan kode asli dan pihak ketiga.
Rilis CyanogenMod menggunakan versi nightly, milestone, dan "stable"

CyanogenMod menawarkan fitur dan pilihan yang tidak ditemukan di firmware resmi yang didistribusikan oleh vendor perangkat mobile. Fitur yang didukung oleh CyanogenMod termasuk dukungan theming asli, FLAC codec audio, OpenVPN , mencabut perizinan aplikasi , dukungan CPU overclocking dan peningkatan kinerja lainnya. Menurut pengembangnya, CyanogenMod tidak mengandung spyware atau bloatware. CyanogenMod bertujuan meningkatkan kinerja dan kehandalan dibandingkan dengan rilis firmware resmi.

CyanogenMod telah mencatat lebih dari 11 juta pemasangan aktif pada banyak perangkat pada bulan Februari 2014 kemarin.

Pada tahun 2013, pendiri proyek CyanogenMod - Steve Kondik, mengumumkan bahwa dana join-venture telah diperoleh, untuk membangun Cyanogen Inc sebagai perusahaan komersial untuk mengembangkan dan memasarkan firmwarenya lebih luas.

Rilis terbaru adalah CyanogenMod CM10.2.1 pada 1 Februari 2014



MIUI

MIUI (diucapkan "Me You I" plesetan singkatan dari antarmuka pengguna [User Interface] sebagai kata-kata "UI" dan "MI" adalah singkatan dari Mobile Internet / Mission Impossible ), dikembangkan oleh Xiaomi Tech, adalah firmware vendor aftermarket untuk smartphone dan komputer tablet berbasis pada open-source sistem operasi Android.  Memiliki fitur antarmuka pengguna [user interface] yang banyak dimodifikasi dan di hard-code tidak jauh dengan aplikasi drawer Android umumnya dan di nilai mirip dengan iOS™ Apple dan Samsung TouchWiz™ UI. Custom ROM MIUI memiliki fungsi tambahan yang tidak ditemukan di Stock ROM Android, termasuk tema user interface yang bisa diganti, aplikasi musik baru, galeri, kamera, serta alarm yang tetap berdering meskipun perangkat dimatikan.


ROM MIUI dibuat berdasarkan pada Android Froyo 2.2.x dan CyanogenMod 6, dan awalnya dikembangkan dalam bahasa Cina dengan startup ala Xiaomi.  
MIUI kemudian diterjemahkan dan di porting ke versi tidak resmi dalam bahasa lain, oleh pengembang independen [developer] dan grup dari berbagai situs / forum.


Kernel MIUI bersifat tertutup, ini menyalahi aturan dari GPL [General Public License] kernel Linux, yang seharusnya bersifat terbuka [Open Source]. Karena kritikan dari berbagai pihak, source-code untuk komponen-komponen tertentu dirilis ke GitHub pada tanggal 25 Oktober 2013.


Sebelum versi 4, MIUI telah dikritik karena mirip sekali dengan iOS™.

Sejak MIUI V4 yang berbasis Android Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean, Xiaomi menambahkan engine anti virus dari perusahaan mitranya Tencent (sebelumnya bernama Kingsoft, CEO nya juga sama Lei Jun


Selama pengembangan MIUI V4, Xiaomi mulai menghapus layanan Google dari ROM mereka untuk membangun dan memonopoli pasar bisnis Xiaomi, termasuk cloud service, tema berbayar dan games (dengan mata uang MiCredit).
Kemudian, selama pengembangan MIUI V5, hampir semua layanan Google telah dihapus karena undang-undang sensor Cina.


Stock ROM

Istilah Stock ROM menurut saya adalah istilah untuk ROM / Firmware keluaran vendor resmi yang berbasis AOSP


Sumber


Disclaimer : I am not responsible for any damages whatsoever, if your device / toy / tablet / rice cooker / whatever turned into "bricks god", if it occurs, and / or caused by any content in this blog. Expected to be more careful and discretion before acting. Do with your own risk. Every content has been tested before posted. Any kind of mod, tweak, and so on are used for educational purposes only. Rooting your device will void the warranty. All copyrights, company names and / or products may include trade names, trademarks and / or registered trademarks of their respective owners.

4 komentar:

  1. Penjelasan yg komprehensif. Menambah pengetahuan. Semoga dapat terus berkarya.... salut :)

    BalasHapus

Silakan pos komentar jika ada dead link atau pertanyaan