Kamis, 27 Maret 2014

Apa itu ODEX dan DEODEX ?

ODEX
Dalam file system Android, berisi semua aplikasi berbentuk paket dengan extension *.apk. Paket aplikasi / *.apk ini berisi file *.odex tertentu, yang berfungsi untuk menghemat ruang penyimpanan memory. File-file *.odex ini sebenarnya adalah kumpulan dari bagian-bagian aplikasi yang di optimalisasi sebelum proses booting. Sehingga akan mempercepat proses booting, karena merupakan bagian dari aplikasi yang berjalan secara preload. Di sisi lain, hal ini membuat hacking aplikasi menjadi sulit, karena setiap potongan bagian 'peng kode an' telah di ekstrak ke lokasi lain sebelum proses eksekusi.

DEODEX
Deodex pada dasarnya adalah repack dari semua apk tersebut, di reassemble menjadi file dengan extension *.dex. Dengan proses repack ini, semua bagian-bagian dari aplikasi tersebut di satukan kembali dalam satu tempat, untuk menghilangkan kekuatiran apk yang dimodifikasi akan konflik dengan beberapa bagian *.odex yang terpisah-pisah.
Singkatnya, ROM deodexed memiliki semua paket aplikasi yang disatukan kembali dalam satu tempat, memungkinkan modifikasi menjadi lebih mudah. Karena tidak ada potongan-potongan kode dari lokasi eksternal, proses deodexed dilakukan untuk memastikan kesatuan paket tersebut.

ROM berbasis odex akan memiliki ruang lebih dalam data (ini penting karena jika Anda tidak memiliki partisi ext4 di sdcard, sisa ruang masih banyak), meningkatkan daya tahan baterai, lebih stabil dan meningkatkan kinerja (rom lebih cepat untuk loading sistem dan aplikasi) dan Anda tidak dapat memodifikasi apk setelah menjadi odex.

Secara fakta pada ODEX [Optimized-Dex] proses loading system dan aplikasi akan LEBIH CEPAT daripada DEODEXED [DeOptimized-Dex]

Bila Anda memiliki ROM berbasis deodexed [banyak rom yang deodexed] Anda bisa melihat :
File.apk akan berada di system/app dan data/dalvik-cache/system@app@File.apk@classes.dex 
Dalam ROM berbasis odex bisa Anda lihat :
File.apk akan berada di system/app dan file.odex dalam system/app
Jelas perbedaannya.

KESIMPULAN: 
Odexed ROM = Cepat, Modifikasi susah, Batre tahan lebih lama, Lebih stabil, Pemakaian RAM rendah
Deodexed ROM = Lambat, Modifikasi mudah, Batre agak boros, Kurang stabil, Banyak memakan RAM


Sumber : dari berbagai sumber

3 komentar:

Silakan pos komentar jika ada dead link atau pertanyaan